AutoCAD fatal error, apa masalahnya?

lost in technology


Salah satu ‘penyakit’ dari software CAD adalah seringnya crash dan muncul pesan fatal error. Apakah kira-kira penyebabnya?


Fatal error sendiri dapat disebabkan banyak hal. Termasuk kerusakan hardware seperti harddisk dan RAM. Namun ada dua hal yang paling umum mengakibatkannya.


Hardware


Software CAD adalah software professional yang butuh hardware dengan spesifikasi tinggi. Jangan disamakan dengan aplikasi office yang filenya rata-rata hanya di bawah 5MB. File CAD bisa dengan mudah mencapai puluhan MB. Dan bisa sampai ratusan MB untuk desain yang kompleks. Apalagi software CAD menggunakan kernel yang merupakan kalkulasi kompleks.


Jika anda masih menggunakan Pentium dual core dengan RAM 2GB, itu tidak lagi cukup. Apalagi jika anda menggunakan OS seperti Windows 7 dan Windows 8 yang rakus resource komputer. Idealnya sekarang RAM minimal 4GB. Dan semakin tinggi semakin bagus.


Idealnya, anda menggunakan hardware sekelas workstation.


Dan lebih baik lagi jika anda menggunakan hardware yang certified. Certified hardware artinya hardware tersebut sudah diuji oleh developer software CAD dan berjalan dengan baik.


Contoh dari hardware yang direkomendasikan oleh Autodesk adalah berikut: autodesk.com/hardware.


Bug pada software


Bug selalu ada pada software, termasuk pada software CAD. Karena itu rajin-rajin lah mengupdate software anda. Tidak hanya Windows yang punya Service Pack dan hotfix, begitu pula software CAD.


Seringkali perusahaan besar tidak segera mengupdate software begitu versi baru dirilis. Tapi menunggu sampai setidaknya SP1 dirilis. Artinya, kalau ada bug yang ditemukan pengguna, sudah diperbaiki di SP1.


Untuk produk Autodesk, service pack dan update lainnya bisa ditemukan di sini: usa.autodesk.com/support/downloads/


Masalah lain


Jika hardware anda cukup mumpuni, maka masalah tersebut dapat dikurangi. Namun jika hardware pas-pasan, maka saat komputer anda punya banyak software terinstall maka masalah akan makin sering terjadi. Makin banyak registry maka semakin berat kerja komputer. Makin banyak anda mengaktifkan fitur ‘kosmetik’ makin sengsara komputer anda.


Software dan hardware adalah investasi yang cukup penting. Setidaknya dengan meminimalkan masalah saat bekerja, anda tidak akan sering kehilangan waktu untuk mengulang pekerjaan yang hilang saat komputer hang. Atau tidak membuang waktu karena membuka Windows dan AutoCAD saja butuh 10 menit. Jika anda membuang 10 menit saja sehari, maka anda membuang waktu 40 jam setahun! Itu setara dengan 1 minggu bekerja bukan?







http://www.tentangcad.com via TentangCAD http://feedproxy.google.com/~r/tentangcad/~3/h3D9mh_XFoU/

0 Response to "AutoCAD fatal error, apa masalahnya?"

Posting Komentar